PENTINGKAH PENDIDIKAN?




Apa itu Pendidikan? Penting gak sih Pendidikan itu? Seberapa penting sih Pendidikan itu? Mau tau lebih lanjut? Yuk scroll buat tau lebih jelasnya!




Sebenarnya Pendidikan itu apa sih?

Banyak pendapat tentang pengertian Pendidikan, nah disini kami sudah menyimpulkan secara singkat pengertian Pendidikan itu. Jadi, Pendidikan adalah usaha untuk mendewasakan seseorang, usaha untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Untuk medianya sendiri bisa melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sendiri umumnya identic dengan bimbingan dari orang lain yang lebih berpengalaman, tetapi sebenarnya Pendidikan juga bisa didapat dari otodidak loh.

Kita sudah tahu kan bahwa pendidikan adalah tempat untuk mengembangkan potensi diri, pendidikan juga memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak generasi penerus bangsa yang hebat. Pendidikan disebut-sebut sebagai ujung tombak perkembangan negara, karena dengan Pendidikan, dapat memberantas buta aksara yang masih banyak terjadi di Indonesia khususnya. Kita juga tahu pasti bahwa dalam UUD 1945 terdapat tujuan bangsa Indonesia, salah satunya adalah cerdas dalam kehidupannya. Pendidikan itu sifatnya dinamis, selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Banyak sekali hal yang dapat dicapai dengan Pendidikan. Bahkan dalam agama Islam pun jelas tertera dalam Al-Quran tentang pentingnya menimba ilmu, yaitu dengan Pendidikan. bagi manusia, Pendidikan itu suatu keharusan. pendidikan sangat dibutuhkan untuk dapat hidup. coba bayangkan jika manusia sejak lahir tidak mendapat pendidikan? Bagaimana caranya mempertahankan kehidupannya kelak di dunia yang penuh tantangan ini? 

Nah untuk lebih jelasnya tentang pentingnya pendidikan, yuk kita lihat seberapa penting sih Pendidikan itu? Apa ya alasannya?

·  Membangun dan Membentuk Karakter Individu


Nah menurut kami, hal terpenting dalam Pendidikan itu adalah membentuk karakter bagi tiap individu. Dengan Pendidikan, individu menjadi dewasa, memiliki sopan santun, membantu individu mengambil keputusan dalam hidupnya, serta merencanakan bagaimana hidupnya di masa depan. Karena, sejatinya pengetahuan tidak berarti sama sekali tanpa adanya karakter yang bagus.

·  Menciptakan Generasi Penerus Bangsa yang Hebat


Pendidikan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat. Bagaimana ya? Nah, disini menurut kami peran dari seorang wanita yang nantinya akan menjadi ibu sangat penting dalam membentuk generasi penerus yang hebat. Sayangnya, masih banyak yang berpendapat bahwa wanita seharusnya tidak perlu berpendidikan tinggi, karena akhirnya akan menjadi ibu rumah tangga. Mungkin banyak juga yang masih berpikir ‘Untuk apa sih saya meraih Pendidikan yang tinggi? Toh kelak saya akan menikah dan menjadi ibu rumah tangga.’ Sebenarnya tidak masalah jika kelak wanita tidak ingin bekerja. Tetapi Pendidikan harus tetap ditempuh, lalu ‘Loh untuk apa Ilmu yang saya peroleh jika saya hanya menjadi ibu rumah tangga?’ tentu ilmunya nanti akan digunakan untuk mendidik anak-anaknya kelak. Seorang wanita hebat tentu akan dapat melahirkan anak yang hebat, kan? Wanita pintar tentu akan menanamkan kecerdasan sejak dini kepada anaknya. Tapi ingat! Pria juga harus loh berpendidikan tinggi untuk memenuhi kebutuhan keluarga, terutama istri dan anaknya yang nantinya akan jadi penerus bangsa yang hebat. 

·         Sebagai Penjamin Masa Depan


Sekalipun kita tidak memiliki apapun, Pendidikan akan tetap berguna di berbagai kondisi. Tentu harta juga penting, tapi apa arti harta tanpa Pendidikan? Harta dapat habis begitu saja di masa depan. Sedangkan Pendidikan? Tidak akan pernah. Bahkan dengan Pendidikan, dapat menghasilkan harta, yaitu dengan bekerja.

·         Kehidupan Bangsa yang Cerdas


Dengan lahirnya generasi penerus bangsa yang hebat, tentu nantinya dapat memajukan bangsanya supaya menjadi bangsa yang cerdas. Dengan pendidikan yang baik, individu akan jauh lebih paham tentang apa yang terbaik bagi dirinya dan banyak orang. 

· Mengembangkan Potensi dan Bakat yang Dimiliki Setiap Individu


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pendidikan dapat mengembangkan potensi dalam diri individu. Untuk apa sih potensi dan bakat ini? Potensi dan bakat ini tentunya nanti berguna untuk mengembangkan kehidupan individu itu sendiri. Karena sejatinya tiap manusia itu memiliki potensi dan bakat yang unik dan tentunya berbeda-beda. Bukankah akan menjadi sia-sia bila tidak dikembangkan padahal hal tersebut sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang?



Dari kelima alasan tersebut, bukankah sudah jelas bahwa Pendidikan ‘sepenting’ itu? Masih ragukah untuk menempuh Pendidikan? Pemerintah Indonesia sendiri banyak menyediakan fasilitas untuk masyarakatnya menempuh Pendidikan, seperti beasiswa, bahkan sekolah negeri bebas biaya bulanan, jika memang yang ditakutkan adalah terkait biaya Pendidikan. Setidak-tidaknya jalani wajib belajar 12 tahun yang dicanangkan pemerintah, yuk! Semua ini demi kebaikan kita dan bangsa ini loh! 




References:
- https://dik.my.id/pentingnya-pendidikan/
- https://www.vebma.com/pendidikan/Pentingnya-Pendidikan/3824
- http://belajarpsikologi.com/pentingnya-pendidikan-bagi-kehidupan/

Comments

  1. Good. Mmg pendidikan sgtlah penting....

    ReplyDelete
  2. waaah bermanfaat sekali kak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih artikelny sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali! ��

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. benar sekali, pendidikan memang bermanfaat bagi semua orang agar mereka tidak tersesat dalam memilih arah dan tujuan hidup.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih, artikelnya bermanfaat sekali untuk mengingatkan orang bahwa pendidikan itu penting.

    ReplyDelete
  8. IHHHH YA PENTING BGT LAH PENDIDIKANNNN!! makasih buat penulis udh berbagi alasan kenapa pendidikan itu penting. semoga pendidikan anak-anak indonesia lebih baik dan bisa menempuh pendidikan setingg-tingginya.

    ReplyDelete
  9. Betul, pendidikan itu sangat penting. Dunia tanpa pendidikan (ilmu) bagaikan tak tahu harus berbuat apa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts