PENDIDIKAN MULTIKULTURAL



Pendidikan Multikultural




Apa yang terabayang di pikiran kalian ketika mendengar kata "multikultural"? Keberagaman? Perbedaan? Unity in diversity? Semuanya benar! Kali ini, kami akan lebih menjelaskan lagi apa dan bagaimana cara Pendidikan Multikultural bekerja.


Indonesia adalah negara dengan ribuan keberagaman. Bisa dilihat dari berapa banyak pulau yang kita miliki. Berapa banyak suku, bahasa, ras, juga agama yang ada di tanah air kita ini. Banyak individu yang lahir dari latar belakang yang begitu berbeda. Misalnya, orang yang lahir dan besar di Jakarta, pasti pola pemikiran dan hidupnya jauh berbeda dari orang yang lahir dan besar di Timur sana. Namun, tinggal bagaimana caranya agar seluruh perbedaan dari tiap individu bukan dijadikan alasan perpecahan, melainkan integrasi. Lalu, bagaimana cara menerapkan Pendidikan Multikultural itu sendiri? Sebenarnya caranya sangat sederhana.


Cara Menerapkan Pendidikan Multikultural





  • Di sekolah, guru harus mulai mengajarkan murid-muridnya untuk menjadi pribadi yang lebih toleran. Mau menerima dan mendengarkan pendapat atau pun cerita teman-temannya yang berbeda dengan dirinya.
  • Guru bisa menunjukkan, bahwa perbedaan yang dimiliki oleh teman bukan sesuatu yang negatif. Sehingga murid-murid bisa menghargai satu sama lain,
  • Bisa membuat kelompok belajar yang tidak berdasarkan kesamaan agama, ras, dan lain lain. Sehingga murid-murid tidak terpaku pada satu kesamaan saja.
  • Guru harus memiliki pola pikir divergen. Salah satunya adalah dengan menerima keberagaman jawaban murid-muridnya. Misalnya ketika melakukan tanya jawab di kelas, guru sebaiknya memahami alasan mengapa muridnya menjawab sedemikian rupa, dihubungkan dengan latar belakangnya.
  • Guru sebaiknya berlaku adil pada setiap murid tanpa memandang latar belakangnya.
  • Memberikan pendidikan SARA agar tidak terjadi penyalahgunaan nantinya.


Begitu kurang lebih cara untuk menerapkan Pendidikan Multikultural di sekolah. Secara garis besar, hal terpenting adalah belajar saling menghormati dan menghargai, Mengenalkan budaya masing-masing dan saling mengapresiasinya.




source: 
http://mediaindonesia.com/read/detail/104461-pendidikan-multikultural
https://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-pendidikan-multikultural.html

Comments

  1. Jadi Pendidikan yang baik yang bisa saling toleransi agar dapat berkesinambungan

    ReplyDelete
  2. bagus bgt konten blognyaa👍🏻😍

    ReplyDelete
  3. penting bgttnii soal multikulturaal! thaankss

    ReplyDelete
  4. Sangat mengedukasi. Mantap

    ReplyDelete
  5. I agree.. to get global we must have multicultural education enough. Hopefully that can be happen especially to all students in Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts